Minggu, 23 Oktober 2011

CARA MEMAJUKAN KOPERASI INDONESIA

UPAYA MEMAJUKAN KOPERASI INDONESIA

Pada dasarnya ada beberapa peran dan tugas koperasi yaitu :
  1. Memakmurkan kehidupan bangsa
  2. Meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia
  3. Mengembangkan demokrasi ekonomi di Indonesia
  4. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan, membina, dan mengembangkan setiap potensi yang ada
Sejak awal kelahirannya koperasi diharapkan menjadi sosok guru perekonomian Indonesia. Pola pengorganisasian dan pengelolaannya yang melibatkan partisipasi setiap anggota dan pembagian hasil usaha yang cukup adil menjadikan koperasi sebagai harapan pengembangan perekonomian Indonesia. Dukungan dari pemerintah dan berbagai lembaga lainnya membuat koperasi dapat tumbuh subur di Indonesia. Akan tetapi, pertumbuhan koperasi tidak senantiasa semulus apa yang diharapkan dan dibayangkan. Banyak permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam setiap perkembangannya
Seperti yang kita ketahui bahwa koperasi di Indonesia saat ini sedang dalam tahap pemulihan karena dahulu koperasi cukup berkembang dengan baik namun akhir – akhir ini koperasi kurang kelihatan perannya.
Padahal koperasi merupakan salah satu unit ekonomi yang mempunyai peran besar dalam menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan negara ini sejak jaman penjajahan dahulu hingga sekarang.
Dengan melihat keadaan koperasi Indonesia saat ini, maka di butuhkan beberapa upaya – upaya untuk memajukan atau meningkatkan perkoperasian Indonesia. Berikut ini adalah beberapa caranya :
  1. Mengangkat atau merekruit sumber daya manusia yang berkompeten
Sebaiknya kita harus memilih calon calon pengurus koperasi yang berkompeten di bidangnya. Tidak hanya orang yang sekedar mau menjadi anggota melainkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan pengembangan koperasi, sehingga koperasi yang dikelolanya juga dapat berkembang dengan baik. Contohnya dengan mencari pemimpin yang mengerti cara dan peraturan berorganisasi kemudian bagian pengelolaannya dipegang oleh orang yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Serta perlu dibuat pelatihan bagi pengurus koperasi yang belum berpengalaman agar saat dia mulai kerja di koperasi tersebut dia sudah mengerti tentang bidan yang dia kerjakan.

      2.      Meningkatkan kesadaran akan pentingnya koperasi (Sosialisasi tentang koperasi)
Ini merupakan upaya yang dapat dilakukan siapa saja sebagai warga Negara Indonesia. Peran pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya koperasi dan juga manfaat bagi masyarakat yang mengikuti koperasi. Contohnya saja kalau kita ikut menabung di koperasi, kita bisa ikut mensosialisasikan keuntungan – keuntungan yang kita dapat saat kita mengikuti koperasi, sehingga dapat juga meningkatkan atau menumbuhkan minat teman atau masyarakat di sekitar kita yang mungkin sebelumnya kurang mengetahui banyak tentang koperasi untuk ikut berpartisipasi menabung atau meminjam di koperasi.

      3.      Meningkatkan pendidikan atau pengajaran mengenai koperasi 
Contohnya saja di sekolah – sekolah harus adanya pelajaran mengenai koperasi sehingga mulai sedini mungkin masyarakat Indonesia sudah di bekali pengetahuan tentang koperasi. 

4.        Membenahi kondisi internal koperasi
Praktik-praktik operasional yang tidak tidak efisien, mengandung kelemahan perlu dibenahi. Dominasi pengurus yang berlebihan dan tidak sesuai dengan proporsinya perlu dibatasi dengan adanya peraturan yang menutup celah penyimpangan koperasi. Penyimpangan-penyimpangan yang rawan dilakukan adalah pemanfaatan kepentingan koperasi untuk kepentingan pribadi, penyimpangan pengelolaan dana, maupun praktik-praktik KKN.

5.      Meningkatkan daya jual koperasi dan melakukan sarana promosi
Untuk meningkatkan daya jual koperasi, yaitu membuat koperasi lebih bermutu lagi. Membuat koperasi terlihat lebih menarik supaya masyarakat tertarik untuk membeli di koperasi mungkin dengan cara mendesain ruangan yaitu mengecat dinding koperasi dengan warna-warna yang indah dan menarik, menyediakan AC,  ruangan tertata dengan bersih, rapi dan menyediakan pelayanan yang baik, pelayanan yang ramah kepada konsumen sehingga masyarakat puas dan nyaman. Tidak hanya itu, koperasi pun memerlukan sarana promosi untuk menyebarkan kegiatan usahanya agar dapat diketahui oleh masyarakat umum seperti badan usaha lainnya salah satu caranya dengan menyebarkan brosur dan membuat spanduk agar masyarakat mengetahuinya. Dan diharapkan dengan cara ini dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di koperasi tersebut.

6.      Membuat perencanaan Program kerja koperasi
Ditujukan agar setiap kegiatan koperasi dapat terprogram dan terencana dengan baik. Terutama yaitu memberikan kebebasan kepada koperasi untuk menjalankan kegiatannya tanpa banyak campur tangan dari pemerintah. Sehingga koperasi dapat menetapkan kebijakan sendiri untuk bersaing dalam perekonomian yang semakin ketat dan dapat tetap bertahan. Perencanaannya pun di buat secara terprogram agar apa yang telah di rencanakan dapat berjalan dengan sesuai.

Jadi, inti dari itu semua adalah kita sebagai warga Negara Indonesia, sebaiknya harus lebih peduli akan nasib koperasi di Indonesia saat ini yang bisa dibilang keadaan yang cukup prihatin karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang koperasi sehingga minat masyarakat untuk turut berpartisipasi menjadi kurang.
Namun perlu dibenahi juga dari internal sistem perkoperasiannya dan peran pemerintah juga dalam memajukan koperasi bangsa ini. Karena koperasi dapat berguna besar bagi kemakmuran rakyat bila di jalankan dengan sebaik – baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar