Selasa, 25 Oktober 2011

Prinsip Manajemen

Beberapa prinsip manajemen sekitar tahun 1929 :
  1. Pembagian kerja. pekerjaan sebaiknya dibagi dan dibagi lagi ke dalam elemen paling kecil untuk memperoleh keunggulan dari spesialisasi.
  2. Keseimbangan wewenang dan tanggung jawab. tiap pegawai tetap sebaiknya diberi delegasi wewenang yang cukup untuk melaksanakan berbagai tanggung jawab penugasan pekerjaan.
  3. Disiplin. karyawan seharusnya mematuhi apapun perjanjian yang ada, yang dinyatakan secara jelas diantara mereka dan organisasi. dan manajer sebaiknya memberikan sanksi yang adil atas seluruh kejadian pelanggaran disiplin.
  4. Kesatuan perintah. karyawan sebaiknya menerima perintah dari dan bertanggungjawab hanya kepada satu atasan.
  5. Kesatuan arah. Aktivitas - aktivitas yang memiliki tujuan sama sebaiknya dikelompokan bersama dan beroperasi dibawah rencana yang sama.
  6. Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan individu. Lebih mengutamakan kepentingan organisasi.
  7. Pembayaran gaji yang adil. Pembayaran seharusnya didasarkan pada pencapaian sasaran penugasan pekerjaan.
  8. Sentralisasi. Wewenang seharusnya didelegasikan seimbang dengan tanggungjawab.
  9. Rantai Saklar. Sebuah rantai perintah yang tak putus - putusnya seharusnya ada memalui semua pengarahan dan aliran komunikasi.
  10. Perintah. Setiap pekerja sebaiknya didefinisikan dengan jelas sehingga pegawai tetap memahami perintah tersebut dan hubungannya dengan pekerjaan lain.
  11. Kesamaan. Peraturan dan perjanjian yang di buat diselenggarakan secara cukup terbuka.
  12. Stabilitas personalia. Karyawan seharusnya di dorong untuk mengembangkan loyalitas kepada organisasi dan membuat komitmen jangka panjang.
  13. Inisiatif. Karyawan sebaiknya di dorong untuk berani membuat keputusab di dalam batas - batas wewenang yang didelegasikan dan pekerjaan yang didefinisikan.
  14. Espirit de corps. Karyawan sebaiknya didorong untuk mendefinisikan kepentingannya dengan kepentingan organisasi dan demikian mencapai kesatuan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar