Selasa, 25 Oktober 2011

MENGAPA KOPERASI DI INDONESIA SULIT  BERKEMBANG???

              Dari sudut pandang kelengkapan unsur-unsur struktural, untuk disebut koperasi maka harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1. Adanya kebutuhan bersama dari sekumpulan orang atau individu yang sekaligus merupakan dasar kebersamaan atau pengikat dari perkumpulan tersebut.
2. Usaha bersama dari individu-individu untuk mencapai tujuan tersebut.
3.  Perusahaan koperasi sebagai wahana untuk pemenuhan kebutuhan. Perusahaan koperasi tersebut didirikan secara permanen dan dikelola berdasarkan prinsip-prinsip koperasi.
4.  Promosi khusus untuk anggota. Kebutuhan bersama ini merupakan unsur-unsur struktural utama yang harus sudah dapat dirumuskan secara tepat, dan terukur baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Tanpa perumusan yang jelas mengenai kebutuhan bersama tidak ada landasan untuk pendirian koperasi. Namun dalam implementasinya koperasi masih kurang memenuhi persyaratan diatas sehingga dapat dikatakan bahwa koperasi di Indonesia masih kurang maju dan berkembang. Mungkin pertanyaan di atas itu yang cukup banyak difikirkan oleh masyarakat kita yang peduli terhadap kondisi koperasi saat ini.

 
 Bisa dibilang koperasi saat ini masih belum berkembang maju sesuai dengan apa yang diharapkan.
Karena berbagai alasan, koperasi pada umumnya belum dapat melaksanakan sepenuhnya prinsip koperasi sebagaimana yang dicita-citakan, sehingga koperasi sebagai badan usaha dan gerakan ekonomi rakyat belum dapat mengembangkan sepenuhnya potensi dan kemampuannya dalam memajukan perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Di samping itu berbagai kondisi struktural dan sistem yang ada masih menghambat koperasi untuk sepenuhnya dapat menerapkan kaidah ekonomi untuk meraih dan memanfaatkan berbagai kesempatan ekonomi secara optimal. Sementara itu dengan terbukanya perekonomian nasional terhadap perkembangan perekonomian dunia, akan menghadirkan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan ekonomi nasional. Persaingan usaha akan makin ketat, peranan ilmu pengetahuan dan teknologi meningkat, tuntutan akan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengantisipasi dan merencanakan masa depan meningkat pula. Kedudukan koperasi akan baik apabila koperasi makin ter­integrasi dan berperan menentukan ke dalam perekonomian nasio­nal. Jadi tantangan dalam pembangunan koperasi adalah mengembangkan koperasi menjadi badan usaha yang sehat, kuat, maju, dan mandiri serta memiliki daya saing sehingga mampu meningkatkan perannya dalam perekonomian nasional sekaligus kesejahteraan anggotanya.
 
          
 Tentunya banyak faktor pula yang menghambat tumbuh dan berkembangnya koperasi di Indonesia. Beberapa faktor – faktor tersebut diantaranya yaitu :
1.      Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai koperasi
2.      Terlalu banyak intervensi pemerintah dalam organisasi koperasi
3.      Kurangnya promosi mengenai program – program yang akan di buat oleh koperasi sehingga masyarakat kurang informasi tentang eksistensi koperasi tersebut
4.      Kurangnya sosialisasi mengenai koperasi
5.      Kurangnya modal untuk membangun koperasi tersebut
6.      Manajemen sumber daya manusia yang kurang berkompeten dalam mengurus koperasi tersebut
7.      Letak koperasi yang jauh dari pusat keramaian penduduk
8.      Mulai banyaknya bank atau penyedia jasa simpan pinjam sehingga membuat orang malas menyimpan uang di koperasi, mereka lebih memilih meminjam atau menabung di bank karena lebih praktis dan uang dapat di ambil di ATM mana saja yang terdekat
9.      Kurangnya transparansi keuangan sehingga dapat menimbulkan korupsi (KKN)
10.  Kurangnya pemasaran produk – produk koperasi
11.  Keterbatasan teknologi yang mendukung
12.  Lemahnya semangat kekeluargaan antara anggota
13.  Rendahnya sikap loyalitas anggota terhadap organisasinya

Jadi solusi dari itu semua adalah sebagai pemimpin koperasi, orang tersebut harus independen,mempunyai skill tinggi dalam berkoperasi dan dapat mencari atau merekruit pengurus – pengurus koperasi yang berkompeten dalam bidangnya masing – masing agar dapat bersama – sama membangun koperasi tersebut menjadi berkembang lebih baik. Kerena menurut saya membangun semua itu harus di mulai dengan sumber daya manusia yang juga mendukung. Baru selanjutnya membenahi masalah modal, pemasaran, promosi, sosialisasi, teknologi, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar