Selasa, 02 November 2010

dasar pemasaran

 COSTUMER TODAY
kepuasan konsumen - harapan semakin tinggi

Salah satu yang membuat konsumen puas,adalah harapannya bisa terpenuhi dengan baik,semua konsumen pasti akan kecewa bila harapannya kepada produsen atau pedagang tidak terpenuhi.Salah satunya adalah harapan mereka agar jam buka toko yang lebih lama dan kalau bisa tidak mengenal hari libur atau bahkan pelayanan toko yang baik dan serba ada.Dan biasanya harapan konsumen akan semakin tinggi seiring dengan bertumbuhnya bisnis kita serta semakin beragam dan banyaknya konsumen.Apalagi bila kita membidik kelas atas,maka standar kepuasan konsumen akan semakin tinggi pula.

contoh pelayanan yang membuat konsumen merasa puas sehingga harapannya terpenuhi :
Saat akan melakukan servis sepeda motor, Anton kebingungan membagi waktunya antara nunggu di bengkel, dengan rencana mau kirim laporan lewat e-mail. Hari itu, dia harus memasukkan sepeda motornya ke bengkel karena ada komponen yang rusak mendadak, sementara sang bos pun menunggu kiriman laporan dari dia. Tak disangka, ketika dia masuk bengkel—dia memutuskan untuk memasukkan dulu sepeda motornya ke bengkel—ternyata di bengkel tersebut tersedia fasilitas wifi. Segera dia menyalakan laptopnya untuk berkirim e-mail, sambil menunggu motor diservis. Dia berguman, “Hebat juga bengkel ini, seperti di kafe, saja difasilitasi AC dan wifi.”
Anton sebagai pelanggan merasa surprise dengan layanan yang ada di bengkel tersebut. Dia tidak menyangka, karena sebelumnya dia berpikir layanan di bengkel tidak lebih dari kecepatan waktu servis dan keramahan petugas. Tapi, bengkel ini berbeda. Ruang tunggunya ber-AC sehingga nyaman, juga dilengkapi dengan fasilitas kantin, charger handphone dan wifi.
Memberikan surprise adalah bagian dari strategi pelayanan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan adanya surprise, pelayanan yang diberikan pun diharapkan dapat melampaui harapan pelanggan, sehingga si pelanggan terpuaskan dan senang.

kesimpulannya bahwa pelanggan servis motor itu merasa terpuaskan sehingga kemungkinan besar ia akan langganan di tempat itu. dan dari harapan konsumen yang semakin tinggi itu ada juga perusahaan yang berhasil memenuhinya...

TUGAS DASAR PEMASARAN
MARIA ANCELA
24210204

Tidak ada komentar:

Posting Komentar