Sabtu, 27 November 2010

Perilaku Pasar Konsumen (tugas daspem)

PERILAKU PASAR KONSUMEN

Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola pengguna, maupun penolakan suatu produk.

3 informasi perilaku pasar :
  1. Informasi Statistik     : penjelasan suatu jawaban dari pertanyaan apa(barang apa yang akan di beli), siapa(siapa yang akan membeli barang tersebut), dimana(dimana pembelian akan barang tersebut dilakukan), berapa(berapa jumlah barang yang akan di beli), dan kapan(waktu pembelian dilakukan). jenis, luas dan peranan individu dalam pasar yang memerlukan produk tertentu sekarang dan masa mendatang.
  2. Informasi Psikolojik  : menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Meliputi peranan motivasi, persepsi, pemahaman, sikap, kepercayaan dan kepribadian seseorang yang mendasari tindakan pengambilan keputusan atau tindakan melakukan kegiatan tertentu (membeli atau tidak membeli). Jadi bisa berupa alasan mengapa seseorang ingin membeli barang tersebut dan motivasi apa yang mendukung dia untuk membeli atau menolak barang tersebut.
  3. Informasi Dinamik    : menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi. proses pembelian terjadi apakah dengan model pengambilan keputusan (decision making process) atau model pemecahan masalah (problem solving process).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar