Selasa, 02 November 2010

tugas dasar pemasaran

LINGKUNGAN MIKRO
PESAING PASAR

Analisa Situasi Pasar Persaingan
Pasar berubah karena adanya perubahan kebutuhan pembeli, teknologi baru, kekuatan sosial ekonomi, dan kegiatan persaingan. Perubahan-perubahan ini mnciptakan peluang dan ancaman baru bagi perusahaan untuk melayani pasar.
Menurut Cravens (2000), Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada. Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan. Penilaian situasi biasanya pendefinisian dan penganalisaan pasar, dan analisa pesaing.
Sumber : Cravens, W.David, 2000, Pemasaran Strategis, Erlangga, Jakarta

Dampak pesaing pasar
Dalam banyak kesempatan, para pakar sangat gemar membuat pernyataan bahwa persaingan akan menghasilkan inovasi, yang pada gilirannya akan mendorong terjadinya pertumbuhan perusahaan dan industri. Bahkan berbagai studi empiris juga telah membuktikan adanya hubungan linier yang positif atau hubungan berbentuk kurva II- terbalik (inverted U-shape) antara intensitas persaingan dan pertumbuhan perusahaan.
Sayangnya, era perdagangan bebas antar bangsa memaparkan fakta bertentangan, di mana persaingan bukan hanya bisa menghambat pertumbuhan usaha, tetapi telah terbukti ampuh membunuh perusahaan yang kalah bersaing,merugikan secara perekonomian dan menyakitkan secara personal

Cara mengatasinya
Ada beberapa cara yang tepat untuk menanggapi kenyataan bahwa persaingan adalah sebuah permainan zero-sum, yang mensyaratkan adanya pihak yang kalah ketika ada pihak lain memenangkan persaingan dalam menghadapi era persaingan pasar bebas. Tanpa tingkat kewaspadaan yang tinggi, sulit bagi suatu perusahaan untuk memanfaatkan momentum pertumbuhan industri yang tersedia, dan bahkan sikap kurang waspada sering berakhir dengan kelengahan yang bisa sangat menghancurkan.Ada dua instrumen yang patut dipertimbangkan manajemen guna memastikan sikap antisipatif - defensif dapat terus terjaga dalam suatu perusahaan. Yang saya maksud sebagai cadangan/ tabungan di sini bukan semata-mata uang/dana, tetapi juga termasuk adanya prosedur dalam sistem operasi yang menyediakan rongga gerak ketika kondisi mendesak, dan kelenturan persediaan cadangan bahan baku dan pendukung ketika kondisi pasar input tidak bersahabat, dan berbagai jenis cadangan lainnya.Akhirnya, sikap kitalah yang bisa menentukan apakah persaingan akan melindas laju pertumbuhan perusahaan kita, atau persaingan akan dapat memacu laju pertumbuhan perusahaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar