Rabu, 20 Juni 2012

perkembangan teknologi


PENGARUH PERKEMBANGAN ZAMAN TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

            Era globalisasi sekarang ini sangat berbeda dengan era zaman dahulu. Maka banyak orang yang di anggap ketinggalan zaman (jadul) jika tidak mengetahui informasi terbaru sekarang. Oleh sebab itu agar kita tidak jadul dan tidak ketinggalan informasi maka update terus pengetahuan anda tentang berbagai informasi terbaru. Sebenarnya era globalisasi saat ini merupakan perubahan atau pembaharuan yang lebih modern dan lebih terbuka antar bangsa. Banyak pula yang menganggap bahwa era globalisasi selalu berhubungan dengan berkembang semakin canggihnya alat teknologi. Alat teknologi juga membantu antar negara mengetahui setiap kejadian negara lain dalam waktu yang sangat singkat. Misalnya saja saat ini terjadi sesuatu di Indonesia, bisa saja hanya dalam waktu 5 menit kemudian di Inggris telah mengetahui kejadian tersebut.
            Contohnya saja perkembangan alat komunikasi. Dahulu orang tidak mengenal apa sih itu handphone. Awalnya mungkin mereka hanya mengirim kabar lewat surat atau telegram yang sekarang ini sudah jarang ditemukan keberadaannya. Namun semakin berkembangnya zaman dan semakin bertambahnya pengetahuan masyarakat maka teknologi pun berkembang semakin maju. Orang mulai mengenal handphone, komputer, hingga sampai sekarang iphone, ipad, dsb.
            Perkembangan alat telekomunikasi sekarang bermula dari surat menyurat, telegram, pager, kemudian dibuatlah handphone, namun bentuk handphonenya pun masih agak besar dan berat yang ada antenenya. Kartu dan pulsa teleponnya pun masih mahal yang masih saya inget waktu itu adalah kartu Hallo. Tetapi saat ini bentuk handphone dan fitur – fiturnya pun sudah di perbaharui dan di buat lebih canggih. Ada handphone yang tipis, ada yang kecil dan sekarang sudah tidak ada lagi produksi handphone yang ada antenenya.
            Fitur – fiturnya pun lebih menarik, handphone bisa untuk bertelepon, untuk berkirim pesan, untuk mengambil gambar (sebagai kamera) bahkan bisa pula sebagai internet untuk memudahkan penggunanya mencari informasi tentang apapun, kapan saja dan dimana saja. Bahkan keluaran produk terbaru akhir – akhir ini yang sedang marak dan dengan penjualan terbersar saat ini adalah produk Blackberry dan juga iphone (Apple). Dengan kecanggihan dan keunggulan yang ia miliki ia mampu bersaing dan masuk ke pasar Indonesia hingga mencapai penjualan terbesar akhir – akhir ini sampai mengalahkan nokia yang telah sejak lama masuk pasar Indonesia.
            Sebenarnya Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar bagi produsen karena setiap produk yang ditawarkan di Indonesia jika produknya baik dan disukai atau sesuai dengan masyarakat kita maka orang akan membelinya. Dan sikap yang saya amati dari orang Indonesia rata – rata mereka membeli produk dari iklan promosi yang menggiurkan atau bisa juga ketika mereka telah melihat orang memakainya bagus dan mereka suka maka mereka akan ikut membelinya pula. Seperti beberapa produk di luar komunikasi yang sangat membooming di pasar Indonesia yaitu produk crocs. Coba bisa ditanyakan kepada beberapa orang di sekitar anda pasti banyak yang mengetahui crocs.
            Kalau telekomunikasi, seperti handphone yang sedang booming adalah blackberry. Hampir semua kalangan memilikinya. Media komunikasi yang berkembang saat ini juga yaitu internet. Daluhu jarang orang mengetahui internet, jarang pula orang yang memiliki internet. Biasanya mereka ke warnet untuk mengunakan internet. Itu pun hanya sebatas mencari informasi dan berkirim via email saja. Namun internet sekarang juga sudah lebih berkembang dengan ada facebook dan twitter (mungkin dulu ada friendster namanya). Tapi yang terbaru lagi ada skype dimana kita dapat mengobrol tatap muka di PC dengan lawan bicara dimana pun baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
            Namun seiring dengan perkembangannya, alat telekomunikasi pun memiliki dampak positif dan dampak negatifnya pula. Positifnya dapat dilihat dari kegunaannya yang membantu memudahkan penggunanya untuk mendapatkan berbagai informasi apapun yang ia butuhkan. Jadi sekarang orang tidak pelu repot – repot ke perpustakaan untuk mencari buku atau membeli ke toko buku untuk mencari informasi yang dibutukan namun oarang dapat langsung mencarinya kapan saja dan dimana saja melalui internet. Informasi yang di dapatnya pun lengkap dari berbagai sumber.
            Namun ada pula dampak negatifnya. Mungkin karena internet atau handphone seperti blackberry sudah terlalu canggih sehingga orang selalu terfokus padanya, kadang orang menjadi lupa dengan keadaan sekitar atau kurang peka. Mereka telah disibukkan dengan alat tersebut sehingga pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan kadang lupa dan terabaikan untuk dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar