Sabtu, 19 November 2011

laporan keuangan

ELEMEN LAPORAN KEUANGAN :
1.      AKTIVA / HARTA
Manfaat ekonomis dari aktiva adalah dapat ditukar dengan aktiva lain, dipakai bersama aktiva lain, dibagikan kepada pemilik, dapat di pakai untuk membayar utang.

2.      PASIVA / UTANG
Pengorbanan ekonomis yang sangat mungkin terjadi yang timbul dari kewajiban masa kini perusahaan untuk menyerahkan harta di masa depan sebagai akibat dari transaksi / peristiwa masa lalu.
Utang dapat diselesaikan dengan cara : pembayaran dengan kas, pembayaran dengan penyerahan aktiva (saham,obligasi,wesel,deposito,dll), pemberian jasa, penggantian dengan kewajiban lain, konversi dari kewajiban menjadi equity (penanam modal menjadi pemilik).

3.      ELEVITAS / AKTIVA BERSIH
Kepentingan tersisa atas harta perusahaan setelah dikurangi semua kewajibannya.

4.      COMPREHENSIFE INCOME / LABA KOMPREHENSIF
Perubahan dalam equity selama suatu periode akibat dari transaksi terkecuali investasi oleh pemilik / distribusi kepada pemilik.

5.      INVESTMENT BY OWNERS / INVESTASI OLEH PEMILIK
Peningkatan net assets suatu perusahaan dari pemilik perusahaan sebagai akibat dari penerimaan sesuatu yang berharga yang akan meningkatkan owner ship (kepemilikan) dalam entitas tersebut.

6.      DISTRIBUTION TO OWNER / DISTRIBUSI KEPADA PEMILIK
Pengurangan net assets yang disebabkan oleh pentransferan asset, pemberian jasa/terjadinya utang oleh perusahaan kepada pemilik dan bukan karena operasi normal perusahaan.

7.      REVENUE / PENDAPATAN
Peningkatan owners equity sebagai akibat dari aktivitas normal suatu perusahaan.

8.      EXPENSES / BEBAN
Pengorbanan yang terjadi selama melaksanakan kegiatan normal usaha untuk memperoleh pendapatan.

9.      GAINS / KEUNTUNGAN
Kenaikan net assets atas transaksi / peristiwa serta keadaan yang mempengaruhi perusahaan selama periode terkecuali yang berasal dari investasi oleh pemilik.

10.  LOSSES / KERUGIAN
Pengurangan net assets yang disebabkan adanya transaksi / peristiwa serta keadaan yang mempengaruhi perusahaan selama periode kecuali distribusi kepada pemilik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar