ANALISIS PEKERJAAN
Analisis pekerjaan adalah mengumpulkan, mengevaluasi dan mengorganisasi informasi – informasi tentang pekerjaan – pekerjaan. Analisis ini mengumpulkan data masing – masing tetapi bukan setiap individu, posisi pekerjaan.
Informasi pekerjaan yang dikumpulkan melalui analisis pekerjaan mempunyai peranan penting dalam departemen personalia, karena mensuplai data minimum untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan personalia
Kegunaan informasi analisis pekerjaan :
1. Menetapkan basis rasional bagi struktur kompensasi
2. Mengevaluasi bagaimana tantangan lingkungan mempengaruhi pekerjaan – pekerjaan individu
3. Menghapus persyaratan kerja yang dapat menyebabkan diskriminasi dalam pengadaan personalia
4. Merencanakan kebutuhan – kebutuhan sumberdaya manusia di waktu yang akan datang dan sebagai basis perencanaannya
5. Memadukan lamaran – lamaran dan lowongan pekerjaan
6. Menentukan kebutuhan latihan bagi para karyawan baru dan lama
7. Mengembangkan rencana pengembangan karyawan potensial
8. Menetapkan standar prestasi kerja yang realistic
9. Menempatkan para karyawan pada pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan mereka secara efektif
10. Membantu revisi struktur organisasi
11. Memperkenalkan para karyawan baru dengan pekerjaan – pekerjaan mereka
12. Memperbaiki aliran kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar