Kamis, 15 Desember 2011


BIAYA PRODUKSI
Biaya merupakan salah satu pertimbangan penting bagi manajemen. Biaya berkaitan erat dengan produksi karena biaya merupakan bentuk monetasi dari masukan fisik dalam pendekatan produksi.
Biaya eksplisit (explicit costs) adalah semua biaya yang merupakan pengeluaran perusahaan secara nyata untuk membeli bahan baku, upah tenaga kerja, sewa modal, peralatan, bangunan, mesin,dll.
Biaya implisit (implicit costs) adalah nilai masukan (input) yang dimiliki oleh perusahaan dalam kegiatan produksi sendiri. kendati perusahaan tidak mengeluarkan biaya untuk menggunakan masukan itu, akan tetapi perusahaan dapat menjual atau menyewakannya kepada pihak lain, nilai itu digunakan sebagai penghampiran biaya dalam perhitungan biaya produksi.
Biaya tumbal (alternative/opportunity cost) adalah biaya yang dikorbankan saat perusahaan memilih suatu kegiatan produksi.
Jadi biaya produksi dapat diartikan yaitu jumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan sejumlah input untuk memproduksi suatu barang.
 Masukan (Input) adalah sumberdaya yang digunakan dalam memproduksi barang. Masukan dapat berupa masukan tetap (fixed inputs) dan masukan berubah (variable inputs).
Masukan tetap (fixed inputs) adalah masukan yang tidak berubah jumlahnya dalam proses produksi kendati keluaran berubah (bertambah/berkurang) misalnya tanah, gedung, pabrik.
Masukan berubah (variable inputs) adalah masukan yang berubah sejalan dengan perubahan keluaran. Misalnya tenaga kerja, bahan baku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar