Selasa, 03 Januari 2012

TINGKATAN MANAJEMEN


TINGKATAN MANAJEMEN
Dilihat dari tingkatan dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi 3 golongan yang berbeda yaitu :
1.      manajemen lini pertama (lower manajer) : tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi dimana seseorang yang bertanggungjawab atas pekerjaan orang lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik, pengawas teknik suatu bagian riset,dll.
2.      manajemen menengah (midle manajer) : mencakup lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi. manajer menengah mengarahkan kegiatan manajer lain, juga mengarahkan kegiatan kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. Contohnya kepala bagian yang membawahi kepala seksi, kepala divisi,dll.
3.      manajemen puncak (top manajer) : kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. mereka menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing hubungan organisasidengan lingkungannya. biasanya sebutan untuk manajer ini  adalah chief executive officer (direktur utama), presiden dan senior vicepresident.

Menurut lingkungan kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Manajer Fungsional : bertanggung jawab pada suatu kegiatan organisasi , seperti produksi, pemasaran, keuangan,dll.
2.      Manajer Umum : membawahi unit yang lebih rumit, misalnya sebuah perusahaan cabang atau bagian operasional yang independen yang bertanggung jawab atas semua kegiatan unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar